CUTEK Wood Preservatives

Arti PENGAWET KAYU disini adalah melindungi kayu dari cuaca, panas terik sinar matahari serta air hujan. Selain itu, juga mampu melindungi kayu dari hama kayu seperti rayap, nonor, teter (bahasa Jawa) atau powder beetles. Jadi anti rayap BUKANLAH pengawet kayu tapi hanya anti rayap.

Penting untuk diketahui dan dipahami bahwa di pasaran banyak produk yang diberi nama “pengawet kayu”, padahal produk tersebut belum memenuhi persyaratan sebagai pengawet kayu. Suatu produk dapat disebut “pengawet kayu” harus memenuhi syarat dan kemampuan sebagai berikut :

  • Menolak air (water repellent) sekaligus anti jamur.
  • Bahan meresap masuk ke dalam pori kayu.
  • Tahan sinar matahari / UV serta semua jenis hama kayu.
  • Menstabilkan kayu, artinya mengurangi kemungkinan kayu muai susut, melenting atau bengkok.

Kayu lama / tua / kering akan tetap muai susut jika kadar air di udara keluar masuk pori kayu. Contoh nyata, pintu atau jendela kayu akan jadi longgar saat kemarau dan menjadi seret saat musim hujan.

Mengapa harus memakai CUTEK Pengawet Kayu? Sebab Cutek Pengawet Kayu meresap jauh ke dalam pori kayu dan bukan melapis diatas permukaan kayu – berupa lapisan tipis pelindung (film).

Semua Pengawet Kayu jenis film pada akhirnya akan retak, pecah atau terkelupas. Setelah lapisan film ini pecah / retak / terkelupas, maka semua kotoran, debu, air, jamur akan masuk dalam kayu sehingga kayu tidak terlindung lagi.

Produk Cutek antara lain :

PENJELASAN DI ATAS :

  • Jika kayu terkena air, air akan meresap ke dalam pori kayu sehingga lama kelamaan membuat kayu menjadi lapuk. Kayu lapuk artinya kayu tidak awet lagi.
  • Jika kayu terkena serangan hama kayu, maka kayu tidak awet lagi.
  • Jika kayu terkena matahari / sinar UV secara langsung, akan membuat kayu retak / pecah, maka kayu tidak awet lagi.
  • Jika kayu retak, semua kotoran, air, debu dan minyak akan masuk dalam kayu, maka kayu tidak awet lagi.

KEUNGGULAN PENGAWET KAYU “CUTEK” :

  • Tidak perlu dikerok atau diampelas (sama sekali) untuk perawatannya.
  • Dapat dikerjakan oleh semua orang tanpa harus memiliki keahlian khusus.
  • Dapat dikerjakan di bawah terik matahari / mendung dan dapat dikerjakan sebagian sebagian dan hasilnya akan tetap rata.
  • Jika permukaan kayu kotor oleh air, minyak, bekas paku ataupun bahan kimia lain, dapat dibersihkan dengan pembersih Cutek Pro Clean yang cukup disemprot dengan air tekanan tinggi sehingga akan menghemat waktu dan biaya.
  • Proses pengerjaan cepat, akan menghemat biaya minimal 30% jika dibandingkan dengan wood stain / pewarna kayu ataupun wood care / pelindung, perawatan kayu.
  • Ramah lingkungan, low VOC, tidak mengandung solven / pelarut atau thinner dan tidak berbau menyengat.

UNTUK PENJELASAN LEBIH LANJUT, SILAKAN kunjungi  www.cutek.com.au

Extreme

Pengawet kayu Cutek Extreme berbahan dasar minyak, ramah lingkungan (very low VOC) serta tidak berbau aromatik sama sekali, dapat meresap jauh ke dalam pori kayu keras/lunak.

Keunggulan cairan pengawet kayu Extreme:

  • Menstabilkan kayu, yaitu mengurangi kemungkinan kayu pecah, retak, melengkung atau melintir.
  • Pelindung terhadap serangan serangga pengebor seperti rayap, nonor (powder beetle: serangga yang membuat serbuk halus), teter (serangga yang membuat bulatan kecil), termasuk tambelo (bactronophorus torachites: sejenis cacing pemakan kayu di laut).
  • Anti jamur.
  • Tidak membentuk lapisan (film).
  • Menolak air (water repellent) dan tahan terhadap sinar matahari.
  • Tanpa thinner pengencer/solvent.
  • Tidak perlu dicampur lagi (single component).
  • Pengerjaannya dapat menggunakan kuas, rol, dicelup atau disemprotkan.
  • Kayu menjadi stabil dan terlindungi secara maksimal.
  • Sekaligus memberi warna (tersedia 10 warna).
  • Ramah lingkungan dan tidak berbau.
  • Dapat digunakan untuk interior maupun exterior.
  • Perawatan ulang tidak perlu dikerok atau diampelas.

Fungsi anti rayap/serangga pengebor yang  terkandung di dalam pengawet kayu Extreme bukan ditujukan untuk menggantikan pest control profesional.

Anti rayap/serangga pengebor ini hanya bersifat sementara dan harus diulang minimal 1 (satu) tahun sekali agar anti rayap tetap berfungsi.

UNTUK DIPERHATIKAN: Kusen jendela dan pintu maupun balok tebal diperlukan 3 (tiga) kali pelapisan. Setelah dilapisi cairan pengawet kayu EXTREME, pastikan kayu tidak terkena air minimal 48 jam (empat puluh delapan) jam.

Quick Dry

Pengawet Kayu Cutek “Quick Dry” adalah yang terbaik untuk mengembalikan warna kayu yang sudah kusam, yang sebelumnya sudah dilapisi dengan pengawet kayu Cutek “Green” atau pengawet kayu Cutek “Extreme”.

Pro Clean

Cutek “Pro Clean” adalah konsentrat pembersih untuk kayu/bambu sebelum melapis ulang dengan pengawet kayu Cutek “Green” atau “Extreme”. Cutek “Pro Clean” membersihkan bekas minyak, bahan kimia, jamur serta debu. Cara pemakaiannya cukup dioleskan pada permukaan kayu/bambu dan dibiarkan Cutek “Pro Clean” bekerja selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan air bersih. Cutek “Pro Clean” dapat menghilangkan bekas karat yang ada pada permukaan kayu/ bambu.

Stripper CD-33

Cutek Stripper CD-33: Pengelupas cat minyak, tembok atau pelindung/pelapis kayu lainnya. Berbahan dasar air, ramah lingkungan dan aman juka terkena kulit (dalam watu singkat, max. 20 menit).

Aliphatic Urethane

Pelindung luar/Top Coat Cutek “Aliphatic” adalah pelapis/pelindung luar untuk kayu, bambu serta bahan lain yang berpori maupun tidak. “Aliphatic” ini berbahan dasar air, ramah lngkungan, cepat kering, tahan benturan, tahan gores, tahan bahan kimia serta tahan panas hingga 110 derajat Celcius. Tidak retak ataupun terkelupas dan tidak menguning. Khusus untuk dalam ruang/INDOOR.

CATATAN: Penggunaan “Aliphatic” pada kayu yang awalnya menggunakan Cutek “Pro Clean” tetapi kurang bersih pencuciannya atau kayu yang belum kering sempurna atau permukaan kayu terdapat sealer/lilin/wax/silicon atau jenis minyak lainnya, maka akan timbul “wetting”, yaitu titik atau spot dengan bercak-bercak tidak rata.

CX-8

CX-8: Pewarna khusus untuk bahan serat semen agar terlihat seperti motif urat kayu dari jarak sekitar 2 (dua) meter atau lebih. Untuk dalam ruangan maupun luar ruangan. Tahan air dan sinar matahari serta anti lumut/ jamur. Dapat digunakan pada bahan GRC, Kalsiboard serta Conwood atau sejenisnya.

SV-28

SV-28: Pelindung Warna Bahan Composite Wood. Melindungi warna Composite Wood agar tidak mudah pudar. Menahan warna minimal 80% pada tahun pertama, pada posisi datar/ horizontal.

Base Coat

Pelapis Dasar. Bahan dasar untuk serat semen. Menjaga agar cat minyak tidak terkelupas. Digunakan sebelum pengecatan dengan cat minyak pada bahan GRC, Kalsiboard dan Conwood atau sejenisnya.

Degreaser & Cleaner

Pembersih serba guna untuk segala macam keperluan. Tersedia dalam bentuk konsentrat. Cara penggunaannya dicampur dengan air. Perbandingan campuran disesuaikan dengan tingkat kekotoran benda yang akan dibersihkan. Dapat digunakan untuk membersihkan minyak pada mesin kendaraan, penghilang kerak pada kran bak mandi dan tempat cuci tangan maupun sebagai pembersih lantai maupun kaca rumah/gedung. Ramah lingkungan, tidak mengandung solvent.

Stone Protector

Pelindung dan pelapis bebatuan. Untuk segala jenis batu, termasuk marmer dan granite. Berbahan dasar air. Batu akan terlihat natural, sesuai dengan jenis masing-masing batu. Saat awal setelah pelapisan, batu akan terlihat sedikit lebih gelap sekitar 0 – 20%, kemudian secara berangsur-angsur akan menjadi natural dan tidak mengkilap. Tidak berbau, ramah lingkungan, anti lumut serta aman bagi ikan dan semua tumbuhan air. Safe for aquatic life.

CATATAN :

Cutek Stone Protector tidak untuk digunakan pada dinding kolam renang dan sejenisnya dimana ada tekanan air pada sisi ataupun dasar kolam.

AP-5X

AP-5X: Pelindung kayu sementara (antara 2 minggu – 2 bulan) dari blue-stain, sap-stain (getah pohon) dan serangga pengebor sebelum diproses lebih lanjut. Khusus untuk kayu baru ditebang.

Warna

PERTANYAAN SEPUTAR PENGAWET KAYU (FAQ)

Berapa lama pengawet kayu Cutek Extreme dan Quick Dry dapat disimpan?

Jawab :

3 tahun tanpa warna (Clear-08) dalam wadah metal yang tertutup rapat.

1 tahun dengan warna apa saja dalam wadah metal yang tertutup rapat.

1 tahun tanpa warna (Clear-08) dalam wadah plastik yang tertutup rapat.

3 bulan dengan warna apa saja dalam wadah plastik yang tertutup rapat.

Pengawet kayu Cutek Extreme dan Quick Dry tidak akan berubah fungsinya, kecuali bahan pewarna yang akan “rusak”, yaitu membentuk gumpalan yang tidak dapat larut/hancur lagi. Cairan pewarna pengawet kayu Cutek Extreme dan Quick Dry selalu disertakan terpisah. Saat hendak dipergunakan, cairan pewarnanya baru dicampurkan kedalam cairan pengawet kayunya.

Berapa lama daya tahan warna pada pengawet kayu Cutek Extreme dan Quick Dry ?

Jawab :

Tergantung dari jenis kayu dan terpaan sinar matahari. Kayu lunak dengan warna gelap, warnanya akan bertahan lama.

Mengapa warna pada kayu lunak dapat bertahan lama ?

Jawab :

Pada kayu lunak, cairan pengawet kayu Cutek Extreme akan terserap lebih dalam kedalam kayu, sehingga warnanya akan bertahan lebih lama. Perlu diingat bahwa bahan pewarna yang dipergunakan pada produk pengawet kayu Cutek Extreme dan Quick Dry adalah jenis transparan bukan bahan pigmen, sehingga daya tahan warnanya akan berbeda terhadap sinar matahari. Selain sinar matahari, bahan kimia lain seperti Chlor yang digunakan pada kolam renang akan membuat warna cepat pudar.

Kami menggunakan pengawet kayu Extreme warna Burnt Red 09 pada lantai decking di halaman luar rumah. Mengapa kurang dari 6 bulan warnanya sudah mulai memudar ?

Jawab :

Sebelum menggunakan pengawet kayu Cutek, banyak konsumen kami yang pada awalnya menggunakan bahan pewarna kayu (wood stain) pada lantai decking selama berbulan-bulan bahkan tahunan. Hal ini menyebabkan kandungan kadar air dalam lantai decking tersebut tinggi. Penggunaan pengawet kayu Cutek Extreme maupun Quick Dry mensyaratkan kandungan kadar air (Moisture Contents) dalam lantai decking tersebut maksimal 18. Alat pengukur kadar air pun harus menggunakan jenis magnetik yang dapat menembus jauh kedalam kayu sampai kedalaman 1 inch/2,55 cm (misal: merek Wagner). Pengukur jenis jarum kurang akurat sebab yang dibaca oleh alat tersebut hanya permukaan kayu dengan kedalaman 2 – 3 mm saja. Pada permukaan kayu yang terlihat kering, sebetulnya yang kering hanya pada lapisan luarnya, tapi di kedalaman kayu masih basah dan kadar airnya masih tinggi. Kemungkinan lainnya, lantai decking tersebut sudah terpasang diluar, sehingga tidak mungkin dapat dikeringkan sampai kadar air turun sampai 18 sebelum memakai pengawet kayu Cutek Extreme maupun Quick Dry. Jika hal ini yang terjadi, berarti hanya bagian permukaan saja yang di lapis dengan pengawet kayu Cutek, sehingga yang terlindungi hanya di bagian permukaannya saja.

Apakah betul satu liter Cutek Extreme daya saputnya akan mencapai 14 m2 pada permukaan kayu ?

Jawab :

Produk Cutek telah kami coba di Indonesia sebelum kami menyatakan angka 14 m2 diatas maka jika digunakan pada kayu jati TUA, kering sesuai dengan standard Cutek dan permukaan kayu jati RATA sudah dihaluskan/diampelas dengan grit 240 serta menggunakan kuas khusus decking ( bentuk rata seperti penghapus papan tulis – lihat foto dibawah ini – ) maka akan mencapai minimum 13 m2.

Kuas-Cutek

Mengapa harus pakai ampelas grit 240 ? Bagaimana jika permukaan kayu tidak rata misal untuk ukiran atau patung kayu maupun kayu lama yang sulit diampelas lagi ?

Jawab :

Permukaan kayu semakin kasar maka pemakaian Cutek Extreme akan lebih banyak. Sekali lagi kami ulangi bahwa Cutek Extreme akan meresap kedalam pori kayu, jika permukaan kayu kasar “diperbesar” akan terlihat gelombang. Gelombang ini akan terisi pula dengan cairan Cutek.

Berapa lama pengerjaan pada decking dengan Cutek Extreme ?

Jawab :

Jika menggunakan alat khusus decking ukuran besar, maka kecepatan kerja paling lambat 2 menit/m2.
Maka dengan memakai Cutek Extreme dengan alat khusus sangat cepat/hemat waktu dan efisien waktu pengerjaannya.

Mengapa daya saput Cutek Extreme makin rendah pada kayu lama/tua ?

Jawab :

Pada kayu tua yang kena cuaca dan sinar matahari langsung akan membuat pori kayu membesar, inilah yang membuat pemakaian ulang ataupun yg pertama kali dengan Cutek Extreme akan lebih banyak.

Mengapa pengawet kayu Cutek Extreme lama kering ? Lebih dari 1 minggu masih juga belum kering. Padahal semua kayu kami sudah melalui proses pengeringan dengan oven dan telah diukur kadar airnya sampai mendekat 12 saat keluar dari oven.

Jawab :

a. Pastikan bahwa kadar air/MC 18 tersebut diukur dengan alat pengukur kadar air jenis magnetik, bukan alat pengukur kadar air yang memakai jarum.

b. Pengalaman kami dilapangan, jika kami ukur ulang dengan menggunakan alat pengukur kadar air (MC Meter) merek Wagner, kandungan kadar airnya masih tinggi, umumnya datas 30, padahal saat diukur dengan menggunakan pengukur model jarum, kadar airnya sudah menunjukkan angka 15. Semakin tinggi kadar airnya, maka cairan pengawet kayu Cutek Extreme akan sulit masuk kedalam kayu, karena terhalang oleh kadar air didalamnya. Sering terjadi, setelah kayu dioven hingga kering lalu disimpan digudang dalam waktu yang lama, maka kadar air akan masuk kembali kedalam kayu sehingga membuat kadar air naik lagi. Di Indonesia, angka kelembaban sangat tinggi, yaitu diatas 65% sepanjang tahun. Contoh mudah, pintu atau jendela kayu, saat musim kemarau tanpa hujan, mudah dibuka dan tutup, tetapi pada saat musim hujan jadi seret, agak macet. Artinya biarpun kayu tersebut sudah puluhan tahun tapi kadar air akan tetap naik turun.

Pintu baru kami lapis pakai pengawet kayu Cutek Extreme, tetapi sudah 3 minggu masih belum kering, mengapa ?

Jawab :

Jika kayu sudah rendah kadar airnya sesuai persyaratan, maka besar kemungkinan permukaan kayu tersebut sudah dilapis dengan bahan lain seperti wood filler atau bahan lain. Syarat mutlak sebelum menggunakan pengawet kayu Cutek Extreme adalah kayu harus kering dengan MC maksimal 18 di ukur dengan pengukur jenis magnetik (bukan jarum) dan kayu masih mentah, belum dilapisi dengan bahan apapun juga.

Mengapa pada kayu pinus warna terang keputihan, setelah saya lapisi dengan pengawet kayu Cutek warna CLEAR 05, setelah kering hasilnya menjadi agak kehijauan, bukan jernih transparan seperti contoh warna pada brosur ?

Jawab :

Warna dasar pengawet kayu Cutek Extreme memang agak kehijauan, tidak bening atau jernih, sehingga kayu apapun yang berwarna terang atau putih akan menjadi kehijauan hasilnya. Dianjurkan memakai salah satu warna yang ada, agar tidak kehijauan warnanya. Selain itu, apapun jenis kayu yang dilapisi dengan Cutek Clear 05 hasilnya tetap akan lebih gelap dari warna asli kayu tersebut pada saat kering.

Mengapa pada kayu jati tua yang saya lapisi dengan CLEAR 05 hasilnya tidak sama, ada yang sedikit kemerahan, ada yang kekuningan ?

Jawab :

Warna dasar kayu jati meskipun kelihatannya sama dan seragam, setelah dilapiskan CLEAR 05 hasilnya akan berbeda tergantung dari mana asal pohon jati tersebut ditanam. Ada yang kemerahan, kekuningan dan kecoklatan. Semua warna alami ini memang berasal dari dalam kayu tersebut, hal ini penting untuk dipahami. Warna yang dihasilkan setelah menggunakan pengawet kayu Cutek Extreme tidak akan sama untuk setiap kayu. Tidak mungkin bisa sama (seragam) seperti halnya jika menggunakan Wood Stain (pewarna kayu), meskipun berasal dari pohon yang sama. Pengawet kayu Cutek Extreme adalah pengawet kayu yang berfungsi juga sebagai pelindung kayu dengan nilai tambah lainnya, yaitu memberikan warna tersendiri. Menggunakan pengawet kayu Cutek, walaupun berulang kali akan tetap terlihat transparan (tembus pandang), beda jika menggunakan Wood Stain yang dilapiskan 6 kali atau 6 lapis, maka urat kayu akan tertutup semua, sehingga kayu terlihat seperti plastik. Sayang bukan ? Kayu yang indah dan mahal akan terlihat seperti plastik yang murah dan tidak alami jika tidak memakai pengawet kayu Cutek Extreme.

Seperti yang kita ketahui kayu merbau setelah beberapa saat diluar, warna kayu akan menjadi gelap kecoklatan.

Apakah Cutek dengan warna tertentu dapat mempengaruhi/mengubah warna merbau diatas ?

Jawab :

Warna seperti Smokey Grey 15 atau Grey Mist 11 akan membuat warna kayu sedikit keputihan.

Sebaiknya dicoba dahulu untuk mengetahui apakah warna tersebut sesuai dengan keinginan pembeli.

Sample/contoh warna dapat diminta dengan sedikit biaya, dimana biaya ini kelak dapat diperhitungkan dengan pembelian Cutek.

Apakah ada foto-foto asli ( bukan copas atau diubah dengan program komputer ) di lapangan yang berhubungan dengan pemakaian Cutek di Indonesia ???

Jawab :

Berikut ini foto kami di lapangan beserta penjelasan dibawahnya :

1. Meja makan kayu luar ruang (outdoor) yang hitam berjamur (LIHAT FOTO)

2. Kayu jati juga bisa lapuk (LIHAT FOTO)

3. Kayu jati ternyata dapat dimakan rayap (LIHAT FOTO)

4. Tanpa Cutek retakan lebih lebar DIBANDINGKAN dengan memakai Cutek (LIHAT FOTO)

5. Pelapis kayu jenis apapun juga akhirnya akan retak dan terkelupas (LIHAT FOTO)

Memperindah Composite Wood (LIHAT FOTO)

Batu yang dilapis dengan Cutek Stone Protector warnanya tidak berubah dan tetap natural (LIHAT FOTO)

Bata ringan yang dilapis dengan Cutek Stone Protector tidak tembus air (LIHAT FOTO)

Lapisan Cutek Stone Protector menahan air tidak masuk kedalam bata ringan (LIHAT FOTO)

Apakah Cutek dapat digunakan pada  kayu yang direndam air pada cooling system di pabrik ataupun dermaga  ? Dimana kayu akan terendam air dalam waktu lama.

Jawab :

Untuk pemakaian diatas, sebaiknya kayu di keringkan/dikeluarkan kadar air dari dalam kayu dengan mesin vakum, BUKAN DENGAN caddy/kiln dry/oven yang umum dipakai. Baru digunakan Cutek Machine Coat pada kayu tersebut.

Tujuannya agar Cutek dapat meresap/penetrasi jauh kedalam pori kayu.

NOTE : Hindarkan kayu kena air selama 48 jam setelah memakai Cutek.

Apakah produk Cutek Extreme dapat digunakan pada batang pohon/log yang baru dipotong dengan tujuan batang ujung kayu yang baru dipotong tidak akan retak menuju ke inti kayu setelah kadar air turun ?

Jawab :

Tidak, Cutek Extreme bukan untuk tujuan tersebut.

Apakah produk Cutek ada yang berfungsi/sejenis merk Pentacryl ?

Jawab :

Tidak ada. Kami tidak menemukan pabrik pembuatnya hanya info produk dari website penjual menuliskan mencegah kayu retak jika kadar air turun lebih rendah DAN pada label produk menyebutkan berfungsi untuk mengeringkan kayu 90% lebih cepat tanpa retak, keduanya tidak menjelaskan berapa MC awal dan turun hingga MC berapa akan membuat kayu tetap utuh, tidak retak setelah kadar air turun.

Apakah PT Starlite Harmoni memiliki kontraktor pelaksana untuk pengerjaan Cutek Pengawet Kayu di lapangan ? Kami minta tahu beres agar tidak repot.

Jawab :

Sehubungan persyaratan kami yang ketat untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan standar mutu di Australia, saat ini kami baru memiliki 2 perusahaan kontraktor, keduanya berada  di Surabaya, Jawa Timur. Untuk wilayah Bandung dan sekitarnya kami layani secara langsung.

Jika anda berminat menjadi kontraktor, silakan menghubungi kami.

Video Cara Penggunaan Cutek

Back to Top